Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Fotografi Smartphone setara DSLR

trik fotografi smartphone
sumber : mines .id


Tips dan Trik Fotografi Smartphone dengan hasil setara DSLR | Pada zaman sekarang, banyak orang-orang yang cenderung menggunakan smartphonenya untuk berbagai kebutuhan. Salah satu diantaranya ialah menggunakan kamera smartphone untuk memotret. 

trik fotografi smartphone
sumber : t3 .com

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan smartphone di Indonesia baik berbasis android maupun iOS semakin pesat dan canggih.

Beberapa kecanggihan diantaranya kemampuan kamera yang semakin meningkat. Menggunakan kamera smartphone dinilai lebih ringkas dibandingkan harus membawa kamera dengan ukuran cukup besar kemanapun kalian pergi. Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan dari hasil jepretan menggunakan ponsel pintar ini sudah memuaskan para penggunanya.

trik fotografi smartphone
sumber : microsoft.com


Ditambah lagi aplikasi tambahan yang digunakan untuk photo editing sudah banyak tersedia di google playstore ataupun appstore.

Biarpun begitu, masih ada sejumlah cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik lagi.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan hasil jepretan sobat wawasanku  memuaskan :

1. )Perhatikan Keadaan Cahaya - Trik Fotografi Smartphone 

trik fotografi smartphone
sumber : gofotografer.com


Sudah bukan rahasia bahwa cahaya merupakan salah satu aspek dari fotografi yang sangat penting. Pasalnya, lensa kamera smartphone memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menangkap cahaya.

Ketika sobat akan mengambil foto didalam ruangan, perhatikan cahaya yang masuk baik itu dari lampu ruangan, jendela, ataupun lainnya.

Terkadang, ketika mengambil foto didalam ruangan yang kurang penerangan cahaya maka hasil gambar cenderung buram, oleh karena itu, perhatikan keadaan cahaya sebelum memotret.

2.) Perhatikan Posisi Cahaya Datang - Trik Fotografi Smartphone

trik fotografi smartphone
sumber : sentradigital .com

Salah satu tips yang umum digunakan pada fotografi tradisional yaitu memanfaatkan posisi atau arah cahaya tersebut datang.

Semisal sobat ingin menghasilkan foto dengan suasana yang ceria, pastikan posisi pengambilan foto tersebut dekat dengan sumber cahaya baik itu dari pintu ataupun jendela, apabila diluar ruangan, mungkin dengan lampu jalan ataupun yang lainnya.

Hindari pengambilan foto melawan arah cahaya datang (kecuali sobat ingin membuat foto siluet).

3.) Jangan Terlalu Sering Menggunakan Flash - Trik Fotografi Smartphone

trik fotografi smartphone
sumber : nexttren .grid .id


Flash merupakan fitur kamera yang terdapat pada hampir seluruh kamera smartphone. Fitur tersebut sangat berguna apabila sobat sekadar ingin mengambil foto dengan objek yang jelas pada keadaan gelap.

Namun, cahaya yang dihasilkan dari flash kamera terkadang terlalu banyak bagi komposisi sebuah foto, sehingga foto yang dihasilkan terkesan amatir.

Triknya yaitu dengan tidak menggunakan flash, tetapi memanfaatkan penerangan yang ada disekitar sobat, seperti lampu LED ataupun lampu jalan ketika berada di luar ruangan.

4.) Memperhatikan Komposisi

trik fotografi smartphone
sumber : kamerashot .com

Seperti yang disinggung diatas, komposisi foto juga merupakan hal penting yang memengaruhi hasil foto sobat.

Karena pada dasarnya, penentu utama kualitas foto ialah komposisi. Komposisi yang dimaksud disini yakni cahaya, golden ratio, rule of third, sudut pengambilan foto (angle), dan lain sebagainya.

Setelah memperhatikan poin-poin sebelumnya, maka perlu diperhatikan pula komposisi foto yang hendak diambil sobat.

5.) Gunakan Mode Burst

trik fotografi smartphone

Salah satu fitur kamera smartphone yakni ialah burst. Burst merupakan fitur yang memungkinkan sobat mengambil foto dalam jumlah banyak dengan satu kali pengambilan.

Untuk mengaktifkan fitur burst, setiap smartphone memiliki cara yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya dengan cara menekan tombol jepret selama beberapa detik hingga jumlah foto yang diinginkan terpenuhi.

Fitur ini sangat berguna apabila sobat ingin mengambil foto tetesan air hujan ataupun daun berguguran.

6.) Gunakan Mode HRD

trik fotografi smartphone

Mode HDR atau High Dynamic Range memungkinkan sobat untuk mengambil foto dengan bayangan yang lebih jelas serta kontras warna yang lebih cerah sehingga foto yang dihasilkan memiliki kesan menonjol dengan warna yang ditampilkan.

Mode ini sangat cocok ketika sobat dalam keadaan pencahayaan yang terang, namun sangat tidak disarankan apabila sobat dalam keadaan pencahayaan yang gelap.

7.) Gunakan aplikasi PhotoEditing

trik fotografi smartphone
sumber : microsoft.com

Semakin banyak saja cara untuk menghasilkan foto terbaik dengan menggunakan kamera smartphone.

Ketika sobat sudah mencoba melakukan tips-tips diatas, tidak ada salahnya menyempurnakan hasil foto sobat dengan menggunakan aplikasi yang PhotoEditing yang disediakan ponsel pintar ini.

Aplikasi ini berguna untuk menyunting kembali kontras, kecerahan, dan lainnya dari foto yang sudah berhasil sobat wawasanku ambil. Selain itu, sobat juga dapat menambahkan filter untuk memberikan kesan pada foto tersebut.

Ada dua aplikasi yang kami sarankan intik kegiatan PhotoEditing ini khususnya pengguna android, yakni PicsArt dan Snapseed yang dapat dengan mudah sobat unduh dari google playstore.

Selain pengaturan komposisi foto, sobat juga dapat memotong(Crop), memiringkan, memutar , ataupun meluruskan foto tersebut.

8.) Perbanyak Berburu Foto

trik fotografi smartphone
sumber : indopos.co.id

Foto yang keren bukan hanya dhasilkan didalam ruangan, tapi juga diluar ruangan. Tidak perlu studio foto yang mewah dengan perlengkapan mahal, sekarang sobat wawasanku cukup membawa smartphone andalan sobat sekalian keluar ruangan dan coba mengambil foto lingkungan sekitar pada siang hari saat keadaan pencahayaan diluar masih terang.

Jangan malu ataupun takut untuk berburu foto, karena disitulah sobat dapat belajar mengasah kemampuan sobat dalam mengambil foto yang memuaskan.

Apabila masih merasa takut, ajak teman-teman sobat wawasanku untuk berburu foto bersama ataupun menjadikan nya objek foto.

Demikian bahasan mengenai tips-tips yang dapat digunakan untuk memaksimalkan fotografi menggunakan smartphone.

Tips-tips diatas merupakan tips yang sangat mendasar untuk fotografi, sehingga bisa sobat gunakan meskipun menggunakan kamera Pocket, Mirrorless, ataupun DSLR. Sobat juga bisa ikut menambahkan apa-apa saja yang kurang dan belum dimuat dari tips-tips diatas yang belum termuat. Selamat mencoba!

Author : Hakim Aulia

Semua gambar yang anda temukan di sini diyakini ada di dalam "domain publik". 
Beberapa gambar yang ditampilkan tidak diketahui secara pasti sumber asalnya. Kami 
tidak berniat untuk melanggar hak intelektual yang sah, hak artistik atau hak cipta. Jika 
Anda adalah pemilik sah dari salah satu gambar yang diposting di situs ini, dan tidak 
ingin ditampilkan atau jika Anda memerlukan kredit yang sesuai, maka silakan hubungi 
kami dan kami akan segera melakukan apa saja yang diperlukan dengan menghapus 
atau memberikan kredit pada konten yang ditampilkan.
Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Trik Fotografi Smartphone setara DSLR"