Teknik Informatika dan Sistem Informasi perbedaannya?

Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Teknik Informatika dan Sistem Informasi perbedaannya? | Perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini tidak lepas dari para pakar - pakar teknologi yang tersebar dari seluruh penjuru dunia.

Tidak dapat dipungkiri sebagian dari kita pasti memiliki keinginan menjadi salah satu pakar teknologi yang ikut andil dalam perkembangan teknologi saat ini.

Alasan nya pun berbeda - beda, ntah yang ingin terjun ke dunia teknologi mencari pengalaman , ada yang ingin memuaskan hasrat nya menciptakan sesuatu dan ikut andil dalam perkembangan teknologi, dan ada pula yang hanya mencari pundi - pundi emas karena merasa peluang berkutat di dunia teknologi cukup menggiur kan.

Dari beberapa alasan yang telah disebutkan diatas, untuk mewujudkan nya maka biasanya mulai banyak para siswa - siswa baik lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Mengengah Kejuruan(SMK) yang berlomba - lomba masuk ke Universitas ataupun Institusi yang memberikan bidang studi bertema kan Teknologi, mulai dari Design , Animasi, hingga Programming.

Dari sekian banyaknya bidang studi yang ditawarkan di Universitas ataupun Institusi yang menyediakan , terdapat 3 bidang studi yang cukup diminati yakni Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Komputer.

Perbedaan dari Teknik Informatika dan Sistem Informasi ?

Dari kedua bidang studi tersebut masih banyak orang yang bingung apakah perbedaan dari ketiga bidang studi yang ada tersebut.

Kita akan ulas lebih dalam ketiga bidang studi tersebut agar sobat wawasasanku yang berminat melanjutkan bidang studi nya semakin mantap dengan pilihan jurusan yang diambil nya.

Teknik Informatika

Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu bidang studi yang berfokus pada Pembuatan dan pengembangan perangkat lunak.

Dimana pada bidang studi ini mahasiswa akan diberi banyak ilmu seputar bahasa pemrograman, mulai dari pemrograman website , desktop, mobile ataupun platform lainnya. 

Pada Jurusan ini, mahasiswa akan diasah dari segi logika sehingga apabila mengambil jurusan ini otomatis sobat wawasanku akan tetap berhadapan dengan beberapa mata kuliah yang bersifat mengasah logika berfikir seperti Matematika, dan Fisika.

Jadi untuk sobat wawasanku yang ingin menghindari mata kuliah ini tidak cocok untuk mengambil jurusan ini ya.

Kira - kira apa saja sih mata kuliah khusus yang nanti akan diberikan di jurusan ini ?
mari kita bahas satu persatu ya:

1.) Algoritma dan Struktur Data
Mata kuliah ini mengasah kerangka berfikir, logika , dan memaksa kita berpikir secara sistematis  dan logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Dimana akan diajarkan membuat langkah - langkah sistematis yang dibarengi dengan Struktur data yang baik sehingga penyimpanan, pengolahan , maupun pemrosesan data tersebut sesuai dengan fungsi dan kebutuhan sistem yang dibangun.

2.) Sistem Operasi
Mata kuliah ini akan membahas seputar Sistem Operasi yang berjalan saat ini, Contoh nya Windows, ataupun Linux.

Pada mata kuliah ini sobat wawasanku akan mempelajari mendalam mengenai sistem operasi mulai dari penginstallan, penggunaan, troubleshoot, hingga maintenance sistem operasi tersebut.

3.) Bahasa Pemrograman
Seorang yang kuliah di jurusan ini sudah pasti harus memperlajari bahasa pemrograman, hal ini wajib hukum nya bagi seorang mahasiswa Teknik Informatika dan disarankan tiap lulusan Teknik Informatika menguasai salah satu dari banyak nya bahasa pemrograman yang ada saat ini.

4.) Database
Pada mata kuliah ini , mahasiswa akan mempelajari seputar database mulai dari Pembutan Database, hingga query yang berfungsi pada database.

5.) Sistem Jaringan
Siapa bilang jurusan ini hanya berfokus pada perangkat Lunak(Apps) saja? Seorang mahasiswa Teknik Informatika pun disuguhkan mata kuliah yang mengajarkan seputar jaringan mulai dari Routing, Mikrotik dan lainnya.

6.) Data Mining
Data mining adalah fokus ilmu yang mempelajari seputar pengambilan informasi dari sebuah sumber data yang cukup besar, mengidentifikasi informasi yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pengambilan data tersebut.

Data Mining menggunakan teknik statistik, matematik, bahkan kecerdasar buatan untuk pengambilannya.

7.) Artifical Intelligence
Mahasiswa Teknik Informatika pun akan disuguhkan dengan mata kuliah yang mempelajari tentang Artifical Intelligence, mulai dari teori hingga praktik pembuatan sebuah AI itu sendiri.

8.) Legal Hukum Cyber
Selain membuat mahasiswa juga akan diberikan pengetahuan seputar Legal dan Hukum yang berhubungan dengan Teknologi.

Beberapa mata kuliah yang di jabarkan diatas belum keseluruhan yang sebetulnya diajarkan pada jurusan Teknik Informatika, tetapi setidak nya sudah dapat memberikan sedikit bayangan apasih yang akan kita pelajari bila kita mengambil jurusan Teknik Informatika.

Kira - kira apa sih pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan Teknik Informatika nanti ?

1.) Software Enginer / Developer
Sudah pasti lulusan Teknik Informatika dapat menjadi seorang Software Enginer atau biasa kita sebut sebagai Programmer/Developer karena lulusan Teknik Informatika diajarkan banyak bahasa Pemrograman pada mata kuliah nya.

2.) System Analyst
Walaupun sebetulnya job desk ini banyak diduduki oleh lulusan Sistem Informasi, tidak menutup kemungkinan untuk seorang lulusan Teknik Informatika menjadi seorang System Analyst.

3.) Ahli Jaringan
Seorang lulusan Teknik Informatika pun dapat menjadi seorang ahli jaringan, karena Teknik Informatika memberikan mata kuliah ini.

Sebetulnya masih banyak bidang pekerjaan yang dapat digeluti seorang lulusan Teknik Informatika, tetapi sesuai pengalaman penulis sendiri, ketiga pekerjaan diatas merupakan pekerjaan yang paling banyak diambil untuk saat ini.

Dari ulasan tentang Teknik Informatika diatas, kesimpulan nya apasih ? 
  • Bila ingin menjadi seorang Software Enginer disarankan mengambil jurusan ini, karena jurusan ini akan sangat fokus mempelajari bahasa pemrograman.
  • Bila tidak terlalu menyukai ilmu eksak seperti matematika ataupun fisika dan tidak ada keinginan mempelajari hal ini sebaiknya jangan mengambil jurusan ini, karena mata kuliah yang diajarkan akan banyak seputar hal ini yang berguna untuk melatih logika mahasiswanya
  • Kelebihan lulusan jurusan ini adalah, lowongan pekerjaan terutama Software Enginer sangat menjamur saat ini dan banyak dibutuhkan sehingga peluang mendapatkan pekerjaan pada bidang ini cukuplah besar. Intinya mahir lah dalam bidang ini maka pekerjaan akan mudah kamu dapatkan.

Sistem Informasi

Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Bagi kalian yang berminat untuk terjun ke dunia IT, namum tidak ingin terlalu mendalami soal pemrograman makan jurusan inilah yang paling tepat untuk kalian. 

Pada jurusan ini kalian tidak akan disuguhkan terlalu dalam soal bahasa pemrograman seperti pada jurusan Teknik Informatika, akan tetapi kalian akan di disuguhkan dengan mata kuliah yang fokus menganalisa sebuah bussiness proses dan membuatkan sebuah alur hingga algoritma yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah system.

Pada jurusan ini kalian akan difokus untuk dapat memahami kebutuhan klien atau user sesuai dengan bussines proses yang mereka berikan , membuat analisa hal tersebut menjadi sebuah sistem yang dapat diimplementasikan. 

Fokus dari jurusan ini adalah untuk dapat mengembangkan , ataupun mengelola baik software ataupun hardware pada dunia bisnis.

Mata kuliah apa saja sih yang diberikan pada Jurusan Sistem Informasi? 
mari kita bahas :

1.) Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa bagaiman pemanfaatan sistem informasi yang berbasis komput untuk kepentingan bisnis/organisasi.

2.) Organisasi dan Arsitektur Komputer
Memahami mendalam bagaimana arsitektur atau tiap komponen komputer berhubungan satu sama lain hingga menjadi sebuah kesatuan dan menjalankan fungsi nya, serta mendalami perkembangan komputer maupun kinerja komputer mulai dari versi paling lama hingga versi terbaru.

3.) Struktur Organisasi Data
Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswa tentang Type Data pada sistem, bagaimana cara penyimpanan, pengaturan , dan penyusunan data sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

4.) Statistika
Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa bagaimana memproses, mengklasifikasikan data yang bersifat kuantitatif sehingga didapat kan informasi yang relevan dan dibutuhkan pada sebuah sistem.

Keempat mata kuliah diatas hanya sebagian dari banyaknya mata kuliah yang diberikan bila sobat wawasanku mengambil Jurusan Sistem Informasi. 

Inti dari jurusan ini sebetul nya mirip seperti Teknik Informatika akan tetapi jurusan ini akan lebih berfokus kepada Alur dan Bisnis proses sistem yang akan dibangun, mulai dari timeline pengerjaan, hingga arsitektur sistem yang akan dibangun. 

Kalau kita analogikan Jurusan Sistem Informasi yang memberikan resep masakan yang akan dibuat dan menyediakan bahan nya, sedangkan jurusan Teknik Informatika yang memasak sesuai resep dan bahan yang diberikan oleh Sistem informasi sehingga menjadi sebuah masakan yang berkualitas.

Pekerjaan apa saja sih yang bisa didapatkan nantinya bila mengambil jurusan ini ?

1.) System Analyst
Sudah pasti pekerjaan inilah yang paling cocok dan juga paling diminati tiap lulusan Sistem Informasi.

2.) Quality Control (QC)
Lulusan Sistem Informasi dapat juga bekerja sebagai QC yang menganalisa tiap system ataupun produk yang telah didevelop sebelum system memasuki tahap UAT (User Acceptance Test).

3.) Software Enginer / Developer
Walaupun sebetulnya bidang pekerjaan ini lebih banyak diisi oleh lulusan Teknik Informatika , namun tidak menutup kemungkinan lulusan Sistem Informasi dapat juga bekerja dibidang ini.

Kalau dibaca sepertinya perbedaan antar Jurusan Sistem Informasi dengan Teknik Informatika tidak ada bedanya? bila berasumsi seperti itu anda salah, untuk Sistem Informasi akan sangat difokuskan ke perancangan sedangkan Teknik Informatika, kita asumsikan kembali agar lebih mudah dipahami, Sistem Informasi akan meracik resep dan menyediakan bahan yang dibutuhkan dalam memasak di restoran sedangkan Teknik Informatika akan memasak sesuai dengan racikan dan bahan yang disediakan oleh Sistem Informasi sehingga menjadi masakan sesuai dengan diinginkan oleh konsumen.

Kesimpulan nya apa sih dari jurusan Sistem Informasi ini?
  • Bagi orang yang ingin berkecimpung di dunia Teknologi Informasi atau biasa disebut IT tetapi tidak ingin mendalami koding atau bahasa pemrograman, jurusan ini sangat cocok untuk kalian.
  • Tidak seperti jurusan Teknik Informatika yang berfokus pada bahasa pemrograman dan menggiring para lulusan nya untuk menjadi profesional Programmer / Developer, Jurusan Sistem Informasi lebih mendorong lulusan nya untuk menjadi seorang System Analyst tapi tidak menutup kemungkinan lulusan dari jurusan ini menjadi seorang Programmer juga. Tapi sepengalaman penulis untuk banyaknya lowongan pekerjaan perbandingan antara System Analyst dengan Programmer mungkin 1 : 3 sehingga mungkin bila ingin cepat bekerja setelah lulus kuliah disarankan lulusan Sistem Informasi pun menguasai minimal 1 bahasa pemrograman dan melamar menjadi seorang Programmer ketimbang langsung menjadi System Analyst

Kesimpulan Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Sekian pembahasan kita seputar perbedaan Jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi. Semoga artikel ini dapat menambawah wawasan kita semua, dan bagi yang ingin melanjutkan studi nya ke jenjang lebih tinggi dibidang ini, artikel ini bisa dijadikan acuan apakah saya lebih cocok melanjutkan ke Jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi.


0 Response to "Teknik Informatika dan Sistem Informasi perbedaannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel