Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan dan Perbedaan RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read-Only Memory) adalah jenis memori yang digunakan oleh komputer. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya:

  1. RAM adalah memori yang bisa diakses secara acak, sedangkan ROM hanya bisa dibaca saja.

  2. RAM bersifat sementara, artinya isi dari RAM akan hilang saat komputer dimatikan. Sedangkan ROM bersifat permanen, artinya isi dari ROM tidak akan hilang saat komputer dimatikan.

  3. RAM dapat diisi dengan data yang diinginkan oleh pengguna, sedangkan ROM sudah terisi dengan data yang dibutuhkan oleh sistem operasi komputer.

  4. RAM digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan saat ini oleh komputer, sedangkan ROM digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan oleh sistem operasi saat booting (memulai komputer).

Jadi, secara garis besar, RAM digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan saat ini, sedangkan ROM digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan saat booting sistem.

Setelah mengetahui perbedaan RAM dengan ROM , ada baik nya kita juga mengetahui secara detail antara RAM dan ROM nya.

RAM (Random Access Memory)


RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data yang sedang diproses atau digunakan saat ini.

RAM merupakan jenis memori yang bersifat sementara, artinya isi dari RAM akan hilang saat komputer dimatikan.

RAM ROM
RAM vs ROM

RAM memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis memori lainnya, sehingga sering digunakan sebagai tempat sementara untuk menyimpan data yang sedang diolah oleh komputer.

Jumlah RAM yang tersedia pada sebuah komputer bisa mempengaruhi kinerja komputer, semakin banyak jumlah RAM yang tersedia maka komputer akan semakin cepat dalam mengolah data.

RAM terbagi menjadi dua jenis, yaitu Dynamic RAM (DRAM) dan Static RAM (SRAM).

DRAM membutuhkan tegangan listrik untuk menjaga isi dari RAM, sedangkan SRAM tidak membutuhkan tegangan listrik untuk menjaga isi dari RAM.

Namun, SRAM memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, tetapi juga memiliki harga yang lebih mahal.


ROM (Read Only Memory)


ROM (Read-Only Memory) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca saja dan tidak bisa diubah atau dihapus isinya oleh pengguna.

ROM merupakan jenis memori yang bersifat permanen, artinya isi dari ROM tidak akan hilang saat komputer dimatikan.

ROM biasanya digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan oleh sistem operasi saat booting (memulai komputer), seperti firmware BIOS (Basic Input Output System) atau sistem operasi itu sendiri.

ROM juga digunakan untuk menyimpan data yang tidak akan pernah diubah, seperti program-program aplikasi yang sudah terinstall pada komputer.

Ada beberapa jenis ROM, yaitu PROM (Programmable Read-Only Memory), EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) dan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory).

PROM bisa diisi dengan data hanya sekali saja, EPROM bisa dihapus dan diisi kembali dengan data baru dengan menggunakan sinar ultraviolet, sedangkan EEPROM bisa dihapus dan diisi kembali dengan data baru dengan menggunakan tegangan listrik.

Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Penjelasan dan Perbedaan RAM dan ROM"