Konsep MVC , Framework MVC pada Development Apps

Konsep MVC, memahami Framework MVC (Model-View-Controller) ||  Pada saat sobat wawasanku memulai sebuah Project Apps Development , ada baik nya mulai berfikir jangka panjang.

Konsep MVC
Mulai berpikir bagaimana perencanaan , development , hingga pemeliharaan Apps itu sendiri.

Bila sobat wawasanku sudah mulai berfikir seperti ini sudah pasti salah satu yang dapat menjawab nya adalah gunakan "Framework" dalam project kalian.

Segudang manfaat yang dapat sobat wawasanku dapatkan apabila melakukan development menggunakan sebuah framework tertentu.

Pada artikel ini kita tidak akan membahas panjang lebar soal Framework itu sendiri, disini kita akan fokus membahas salah satu Framework yang menurut penulis sendiri cukup Powerfull, yaitu MVC Framework.

Konsep MVC menurut Hirarki nya

Kita mulai dengan Konsep MVC sendiri, MVC adalah singkatan dari Model - View - Controller. Dari namanya saja kita sudah dapat melihat bahwa konsep Arsitektur dari MVC ini terdiri dari 3 :
  1. Model : Pada MVC model berperan menyediakan , mengorganisasikan data, hingga mengatur data yang dari Database dimana model bekerja langsung sesuai dengan instruksi Controller.
  2. View : Berfungsi mengatur seluruh tampilan yang akan disajikan langsung ke user, dimana view pun tampil sesuai dengan instruksi Controller.
  3. Controller : Secara konsep MVC Controller ini dapat diasumsikan sebagai otak dari Framework ini, karena seluruh proses interaksi yang dilakukan model ataupun view seluruh nya di trigger oleh Controller.
Untuk lebih jelas nya dapat dilihat dari gambar dibawah ini :
Konsep MVC

Konsep MVC - Model

Konsep MVC
Sesuai gambar diatas, Konsep MVC sendiri terdiri dari 3 yaitu View Controller dan Model. Dan pada gambar diatas pun terdapat Database sebagai Datasource.

Menurut gambar yang dijelaskan diatas, Database hanya berhubungan dengan Model.

Sudah dijelaskan sebelum nya bahwa fungsi model ada menyediakan dan mengorganisasikan seluruh data yang akan diolah ataupun diambil dari/ke database.

Model akan mengambil ataupun mengirimkan data dari/ke database sesuai dengan perintah Controller.

Dimana Controller akan memberikan sebuah instruksi dimana nanti nya hasil data dari instruksi tersebut akan di simpan dan di organisasikan oleh model itu sendiri.

Sehingga data tersebut nanti nya dapat diolah lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan Apps yang dijalankan.

View

View berhubungan langsung dengan Controller serta User. Hal ini karena View inilah yang nantinya akan ditampilkan secara interface ke hadapan user.

View yang ditampilkan hingga menjadi interface diinstruksikan langsung oleh Controller, baik View Partial ataupun View Page secara untuh semua akan diatur oleh Controller itu sendiri.

Controller

Sekarang kita akan membahas soal Controller, dimana bisa dibilang Controller ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Sesuai gambar diatas, Controller berhubungan dengan setiap segmen pada Framework MVC ini.

Controller akan memberikan instruksi ke setiap segmen sesuai dengan proses yang user berikan.

Contoh nya , pada sebuah halaman Login sebuah website. User akan memasukan username dan password lalu melakukan submit Login.

Submit Login ini akan menjalankan sebuah function dimana function ini akan ditrigger langsung oleh controller.

Controller akan memberikan instruksi kepada model apabila function ini membutuhkan interaksi langsung ke dalam database.

Setelah proses ke database berhasil , kemudian hasil return dari proses tersebut akan ditangkap kembali oleh model dan dikembalikan kembali ke Controller.

Controller akan memberikan instruksi langsung ke view untuk menampilkan hasil return dari database secara interface sehingga user dapat melihat hasil proses tersebut.

Cukup bingung sobat wawasanku? seperti nya pasti cukup membingungkan ya, tapi mungkin jika terus dipelajari dengan seksama

Karena menurut penulis sendiri, Framework MVC ini cukup powerfull untuk Development sebuah Apps yang berbasis WebSite.

Apabila ada pertanyaan terkait artikel ini, dapat langsung tuliskan dikolom komentar ya sobat wawasanku, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

0 Response to "Konsep MVC , Framework MVC pada Development Apps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel