Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGINSTALL NODE JS

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelum nya yaitu apa itu node js. Sudah dijelaskan apa sih Node JS itu, penggunaan nya seperti apa, apasih kekurangan dari node js tersebut dan juga yang pasti kelebihan dari node js itu sendiri.

Setelah mengetahui apa itu node js yuk, di artikel kali ini kita akan mempelajari bagaimana sih cara menginstall node js tersebut di pc ataupun laptop sobat wawasanku sekalian.

yuk kita lihat step by step nya.

Langkah 1 : Download Node JS

Sudah jelas sebelum kita melakukan installasi node js ke perangkat kita, kita membutuh kan installer nya terlebih dahulu. 

Untuk Installer Node JS Sendiri dapat di download lewat situs resmi nya Download Node JS. Disitus resmi nya Node JS menyediakan berbagai versi sesuai dengan OS platform device yang sobat wawasanku gunakan, baik Windows ataupun Mac ntah 32 ataupun 64 bit.

Install Node JS
Node JS

Jadi pastikan sobat wawasanku tidak salah memilih file installer nya ya, disesuaikan dengan device yang kalian gunakan.

Langkah 2 : Install Node JS

Setelah installer yang kita butuhkan berhasil didownload, maka selanjut nya kita mulai lakukan penginstallan node js.

Pertama, buka folder directory tempat sobat wawasanku meletakan hasil download file node js nya terlebih dahulu, lalu buka file tersebut untuk masuk ke panel instalasi.

Installer node js
Installer Node JS

setelah file installer nya dibuka, maka sobat wawasanku akan masuk ke form instalasi Node JS.

Install Node JS
Step 1
Sobat wawasanku dapat menklik tombol Next pada halaman ini untuk meneruskan proses instalasi.

Install Node JS
Step 2
Selanjut nya kita masuk ke tahapan User Licence Aggrement, ditahapan ini kita disuguhkan dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Node JS , kita dapat klik kolom I accept the terms in the Licence Agreement untuk menyatakan bahwa kita setuju dengan term and condition yang mereka berikan, lalu untuk melanjutkan penginstallan dapat klik Next.

Install Node JS
Step 3
Ditahapan kali ini kita masuk ke langkah penetuan directory installasi Node JS, ditahapan ini sobat wawasanku dapat memilih di directory mana kita akan melakukan installasi node js. Apabila sudah ditentukan directory nya, selanjutnya dapat klik Next.

Install Node JS
Step 4
Nah tahap kali ini adalah tahap menentukan fitur apa saja yang akan kita install menggunakan installer ini, untuk kali ini kami sarankan untuk tidak mengganti fitur apapun cukup gunakan fitur default yang telah ditentukan pertama kali sobat wawasanku masuk ke form ini, kecuali ada kebutuhan khusus maka kalian dapat ubah fitur mana saja yang akan diinstall ataupun tidak.

Step 5
Tahap terakhir adalah form untuk memulai installasi, sobat wawasanku cukup klik tombol Install untuk memulai instalasi node js.

Langkah 3 : Verifikasi


Selanjutnya kita masuk ke tahapan terakhir, yaitu verifikasi Node JS yang telah kita install sebelum nya. Tahapan ini sebetul nya tidak berkaitan dengan instalasi Node JS itu sendiri, tetapi tahapan ini cukup penting untuk mengetahui apakah Node JS telah terinstall atau belum di device tersebut

Sobat wawasanku dapat melakukan validasi menggunakan Command prompt (CMD) ataupun powershell untuk melakukan pengecekan instalasi node js menggunakan command seperti gambar dibawah ini

Install Node JS
Verifikasi installasi node js


Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambah wawasan kita semua ya.








Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "CARA MENGINSTALL NODE JS"