Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APA ITU NODE JS

Untuk sobat wawasanku yang sedang mulai belajar ataupun yang memang sudah berpengalaman di bidang pemrograman, kita saat ini wawasanku akan membahas mengenai Node JS.

Sebelum nya kita akan bahas terlebih dahulu, Apa itu Node JS ?

Apa itu Node JS
Node JS

Menurut situs resmi dari Node JS sendiri yaitu nodejs.org dijelaskan "Node.js is a Javascript runtime build on Chromes's V8 Javascript Engine", dimana dijelaskan bahwa node js adalah javascript runtime yang dibangun pada javascript Engine V8 milik google chrome.

Dijelaskan diatas bahwa Node JS tersebut adalah runtime, jadi sebetul nya kita bisa sebut Node JS ini bukan lah sebuah bahasa pemrograman melainkan runtime. 

Runtime sendiri bisa kita sebut sebagai tempat dimana kita dapat menjalankan code yang telah kita buat.

Oh iya jangan lupa ya , kalau pada Node JS ini kita menggunakan bahasa pemrograman Javascript ya jadi jangan tertukar, bahasa yang kita gunakan adalah javascript dan kita jalankan code tersebut menggunakan Node JS.

V8 Engine Javascript
V8 Engine Chrome

Seperti yang kita tahu saat ini, bahwa Javascript berjalan didalam browser. 

Javascript dapat berjalan didalam browser karena browser memiliki engine nya masing - masing dan contoh nya adalah Chrome yang menggunakan V8 Javascript Engine untuk menjalankan code javascript pada browser tersebut, oh iya jangan lupa ya kalau setiap browser memiliki engine yang berbeda.

Seperti yang sobat wawasanku sudah pelajari sebelum nya terkait web programming, kita mengetahui beberapa komponen yang membentuk sebuah website antara lain :

  1. HTML - Berfungsi untuk membentuk struktur dari website yang kita buat
  2. CSS - Untuk mempercantik halaman website
  3. Javascript - Berfungsi untuk memberikan berbagai fungsi pada website yang sedah di develop, seperti :
    • DOM Manipulation seperti menambahkan ataupun menghilangkan element pada halaman web
    • EventListener seperti melakukan event trigger untuk menjalankan sebuah fungsi tertentu (Tekan Tombol, memilih dropdownlist, dan lain sebagainya)
    • Interactive seperti membuat slideshow pada halaman, membuat marque teks dan lain sebagainya
    • HTTPRequest yaitu mengambil data melalui halaman website lain
Dengan beberapa kemampuan yang dapat dilakukan oleh Javascript diatas, ada keterbatasan yang tidak dapat dilakukan oleh Javascript. 
Yaitu Javascript hanya dapat berjalan didalam Engine yang tertaman di dalam browser pada konteks nya saat ini adalah V8 Engine yang tertanam di Chrome.

Dengan beberapa kemampuan yang dapat dilakukan oleh Javascript diatas, ada keterbatasan yang tidak dapat dilakukan oleh Javascript. 
Yaitu Javascript hanya dapat berjalan didalam Engine yang tertaman di dalam browser pada konteks nya saat ini adalah V8 Engine yang tertanam di Chrome.

Lalu apa problem nya apabila Javascript hanya dapat diakses saat browser dijalankan?

Javascript tersebut hanya dapat dijalankan secara Client-Side dan tidak dapat dirunning secara Server-Side. 
Untuk sobat wawasanku mungkin dapat membaca terkait apa saja sih perbedaan front-end atau ClientSide dan Back-End atau server side disini Web Programming

Nah setelah kita mengetahui V8 Engine hanya dapat dijalankan pada di browser Chrome, dapatkah Javascript kita jalankan secara server side? saat ini bisa , yaitu menggunakan Node JS.

Node JS adalah runtime yang menjalankan V8 Engine yang berjalan diluar Browser, karena Node JS tersebut tidak lah tertanam pada browser melainkan terinstall pada OS.

Lalu apa kelebihan nya Javascript yang dijalankan melalui browser dengan yang dijalankan menggunakan Node JS/diluar browser ?
  1. Dapat mengakses Memory
  2. Dapat mengakses I/O
  3. Dapat mengakses File System (Read/Write File)
  4. Dapat Buffer File
  5. Running Network - WebServer (HTTP & HTTPS)
  6. REPL (Read Evaluate Print Loop)
  7. Crypto
  8. Zlib
Sekarang bagaimana sih karakteristik dari Node JS itu sendiri?
  1. Single Thread - Asynchronus & Event Driven
  2. Non Blocking
  3. Single Threaded but Highly Scalable
  4. Cross Platform
  5. MIT Licence (Open Source)
  6. NPM Library
Salah satu kelibihan utama dari Node JS ini sendiri adalah dari karakteristik nya yang Single Thread but Highly Scalable, Asynchronus dan Non Blocking sehingga bisa di bilang permprosesan Node JS ini saat dijadikan menjadi sebuah web server cukup cepat dan lebih baik karena beberapa karakteristik tersebut.

Untuk tata cara mulai dari installasi Node JS hingga penggunaan Node JS Sendiri akan kita bahas di artikel yang berbeda ya sobat wawasanku, semoga artikel ini cukup bermanfaat untuk kita semua.

Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "APA ITU NODE JS"