Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zakat disebut juga dengan Zakat Nafs, Zakat Nafs adalah

Zakat Fitrah disebut juga sebagai Zakat Nafs (jiwa) , yaitu Zakat yang wajib dibayarkan oleh seluruh umat muslim dibulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Zakat Fitrah disebut juga sebagai zakat
Zakat Fitrah

Sebelum membahas apa itu Zakat Fitrah, ada baik nya kita membahas dahulu apa sih itu Zakat nafs? Perbedaan nya dengan Zakat Maal apa ya?

Perbedaan Zakat Nafs dan Zakat Maal

Zakat disebut juga dengan Zakat
Zakat Fitrah & Maal


Zakat Nafs  (Jiwa) atau disebut juga Zakat Fitrah. Merupakan Zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim menjelang Idul Fitri di bulan suci Ramadhan. Untuk Zakat ini sendiri besaranan nya setara dengan 3,5 Liter atau 2,5Kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi didaerah pemberi zakat seperti beras, gandung, jagung, dan sejenisnya. 
Sobat wawasanku juga dapat menggantikan nya dengan uang kok bisa memang merasa kesulitan untuk membayarkan nya dalam bentuk barang. Untuk uang yang kita bayarkan adalah sesuai dengan harga barang pokok yang biasa sobat wawasanku konsumsi dan dikalikan dengan besaran zakat yang perlu dibayarkan yaitu 3,5 liter atau 2,5 kilogram.

Selanjutnya adalah Zakat Maal (Harta) yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim sesuai dengan nisabnya. Untuk pengeluaran zakat ini pun tidak dibatasi seperli hal nya Zakat Fitrah yang dikeluarkan dibulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.
Untuk zakat jenis ini dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain : Zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil ternak, hasil temuan, hasil laut, emas dan perak, obligasi dan yang lainnya.
Untuk setiap jenis nya memiliki perhitungannya masing - masing.


Tujuan Zakat Fitrah

Setelah mengetahui apa itu Zakat Fitrah yang disebut juga sebagai Zakat Nafs(Jiwa) , sekarang kita akan bahasa apa sih fungsi dan tujuan dari Zakat itu sendiri.
Tujuan nya yang tidak lain dan tidak bukan untuk pembersih bagi yang mengeluarkan nya dan berpuasa dari amalan yang sia-sia selama Ramadhan.
Zakat ini pun menjadi sarana untuk saling tolong menolong kepada sesama, khususnya warga yang kekurangan sehingga mereka medapatkan makanan yang layak saat Idul Fitri.

Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Zakat disebut juga dengan Zakat Nafs, Zakat Nafs adalah"