Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa sih itu React JS ? apa kelebihan nya dan bagaimana penggunaannya ?

React JS adalah Library Javascript yang digunakan untuk membuat User Interface (UI) sebuah website.

React JS
React JS


Jadi bisa dibilang React JS adalah sebuah kumpulan kode Javascript yang sudah dibuat sebelumnya, dan kita tinggal menggunakan kode-kode tersebut saat kita ingin menggunakannya.

Untuk yang belum tau apa itu Javascript dapat baca Pengertian Javascript disini ya sobat wawasanku.

Kita sudah mengetahui bahwa Javascript berfungsi saat kita akan mencoba membuat sebuah website yang bersifat dinamis, sehingga sudah jelas dengan menggunakan React JS ini kita dapat membuat sebuah halaman website yang dinamis.

Dan juga React JS bersifat open source ya sobat wawasanku, dan juga memiliki komunitas yang cukup besar sehingga isi dari library nya akan terus berkembang kedepannya.

Setelah mengetahui apa itu React JS , sekarang kita bahas yuk apa sih kelebihan dari React JS ini?

Kelebihan React JS

Kita sudah bahas bahwa library ini membantu kita dalam mengembangkan penggunaan javascript, oleh karena itu salah satu kelebihan yang mempermudahnya adalah beberapa fiturnya antara lain JSX dan Virtual DOM.

JSX

JSX adalah extention sytaxt Javascript yang memungkinkan kita untuk memodifikasi Document Object Model (DOM) dengan menuliskan kode mirip dengan HTML, sehingga memudahkan para developer web yang memang pada dasarnya sudah sangat sering berkutat dengan syntax HTML.

DOM sendiri adalah application programming interface (API) yang berfungsi untuk mengatur struktur yang ada pada halaman web. Otomatis apabila kita akan mengganti ataupun menambahkan sebuah komponen pada sebuah halaman website, maka kita harus melakukan modifikasi DOM.

Bisa dibilang JSX ini akan sangat mempermudah para developer untuk melakukan perubahan konten halaman website menggunakan syntax yang sangat mirip dengan HTML namum memiliki fungsi yang seperti Javascript.

Karena saat ini cukup banyak browser yang ada dipasaran seperti Chrome ataupun Firefox, pas sekali untuk JSX digunakan karena cocok untuk browser modern saat ini.

Virtual DOM

Saat kita mengupdate DOM menggunakan JSX, maka React JS akan membuatkan sebuah Virtual DOM, yang berfungsi untuk menduplikasi DOM yang asli yang ingin diupdate.

Maka Virtual DOM ini nantinya akan berfungsi untuk memvisualisasi bagian DOM yang akan dirubah.

Ketika developer mengupdate DOM dengan menggunakan JSX, React JS akan membuat Virtual DOM, yaitu salinan dari DOM asli yang ingin diupdate. Karena saat kita menggunakan React JS, perubahan pada DOM hanya diubah pada beberapa bagian yang dibutuhkan saja untuk mengefisiensi.

Saat komponen atau bagian yang perlu diubah didapatkan, maka React JS akan mengubah bagian itu saja, sehingga kita tidak perlu melakukan reload satu halaman saat mengubah beberapa komponen saja.

Hal ini dapat berpengaruh terhadap performa website. Karena setiap perubahan hanya dilakukan pada bagian yang diperlukan saja.

Tanpa Virtual DOM, website Anda akan menggunakan HTML untuk update DOM.  Sehingga, seluruh DOMnya mesti direload untuk menampilkan perubahan di satu bagian – seperti mengklik tombol like atau menambahkan komentar.

Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Apa sih itu React JS ? apa kelebihan nya dan bagaimana penggunaannya ?"