Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa sih React Native ? Pengertian , Kegunaaan , dan Kelebihannya

 Halo sobat wawasanku, sekarang kita akan coba membahas salah satu Framework Javascript yang cukup populer saat ini yaitu React Native.

React Native


Selain cukup populer, seseorang yang memiliki kemampuan teknis menguasai React Native itu sendiri memiliki opportunity yang cukup tinggi untuk mendapatkan pekerjaan saat ini.

Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi cukup cepat, terutama di industri digital yang memiliki berbagai platform ataupun device yang sangat memanjakan user nya saat ini.

Jadi sudah dapat dipastikan demand untuk pembuatan aplikasi di salah satu device yang paling banyak digunakan oleh orang saat ini yaitu Gadget Android dan Iphone cukup tinggi.

Mari kita coba bahas lebih jauh terkait React Native ini

Baca Juga Apa itu Node JS

Apa itu React Native ?

React Native adalah sebuah Framework Javascript yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis mobile baik itu Android ataupun iOS secara sekaligus.
Jadi dengan menggunakan React Native kita dapat mendevelop Apps Android dan iOS menggunakan 1 basis code yang sama.
React Native sendiri bersifat Open Source sehingga memiliki cukup besar komunitas yang terus berkembang hingga saat ini , jadi kita tidak akan terlalu kesulitan apabila terdapat problem terkait kode pada React Native ini.
React Native sendiri pertama kali di launching oleh Facebook di tahun 2015

Dengan menggunakan React Native ini, sobat wawasanku tidak perlu mempelajari beberapa bahasa pemrograman tertentu untuk mendevelop beberapa platform sekaligus seperti mempelajari Swift saat ingin mendevelop aplikasi berbasis sistem operasi iOS dan mempelajari Kotlin untuk mendevelop aplikasi berbasis sistem operasi Android.

Lalu apa sih kelebihan dari React Native ini?

Kelebihan React Native

  • Hemat Waktu Development, seperti yang sudah dijelaskan sebelum nya kelebihan dari React Native ini dapat mendevelop Aplikasi Android dan iOS secara sekaligus
  • Hemat Biaya , sudah jelas karena hanya perlu 1 orang developer saja untuk mendevelop Android dan iOS sekaligus otomatis biaya yang seharusnya untuk 2 orang Developer Android dan iOS dapat dipotong menjadi 1 orang Developer saja
  • Komunitas Besar, karena React Native ini bersifat open source pengembangan nya pun terus berjalan sampai saat ini , kemudahan para developer apabila mendapatkan problem saat development seharusnya lebih mudah teratasi.
Setelah kita membahas apa saja kelebihan React Native, sepertinya tidak adil kalau kita pun tidak membahas kekurangan dari React Native itu sendiri.
    

Kekurangan React Native

  • Fungsionalitas dari React Native ini mungkin sendikit lebih rendah dibandingkan mendevelop aplikasi menggunakan bahasa pemrograman yang memang khusus di peruntukan untuk platform tertentu. Dibalik kelebihan nya yang dapat bekerja di beberapa sistem operasi sudah pasti ada beberapa kekurangan tertentu.
  • Karena React Native sendiri merupakan framework yang masih terbilang muda kurang lebih 7 tahun. Maka masih cukup banyak masalah terkait kompabilitas dan kesulitan dalam melakukan debugging terutama oleh beberapa developer pemula
Jadi kurang lebih seperti itu React Native itu sendiri , semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita bersama ya.


Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Apa sih React Native ? Pengertian , Kegunaaan , dan Kelebihannya"