Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Pembuatan Pendopo menggunakan Blender


Pertama-tama kita akan membuat alas dari pendopo yang akan kita buat dengan cara:

-   Ubahlah perspective kamera menjadi front perpt(1) lalu scale(s) terhadapat sumbu z agar kubus tersebut menjadi pipih dan terbentuk seperti gambar diatas.

Selanjutnya masukan kubus baru yang nantinya akan kita buat menjadi kaki pendopo, untuk memasukan kubus baru kedalam stage dengan cara:

-          Shift + a àmesh à cube
Selanjutnya kita perkecil ukuran kubus tersebut kemudian pertinggi agar dapat dijadikan sisi sekaligus kaki dari pendopo tersebut, dengan cara:

-         Scale(s) kubus tersebut kemudian perkecil ukurannya, selanjutnya untuk mempertingginya kita scale(s) terhadap sumbu z.
Selanjutnya kita duplikat kaki sekaligus sisi pendopo tersebut dengan cara Shift + D, kemudian letakan ke keempat sisi pendopo.
Kemudian selanjutnya kita buat dinding pada pendopo tersebut dengan cara, menambahkan kubus baru Shift+a à mesh à cube, kemudian lakukan scale(s) pada kubus tersebut sehingga kubus tersebut menjadi pipih menyerupai dinding pembatas kemudia letakan disalah satu sisi pendopo.
Selanjutnya lakukan duplikan dinding tersebut Shift+D kemudian letakan di ketiga sisi lain dari pendopo tersebut.
Selanjutnya kita akan membuat atap untuk pendopo tersebut dengan cara, memasukan kubus baru Shift+a à mesh à cube , kemudian pipihkan kubus tersebut dan berikan sudut ditengah kubus tersebut dengan cara masuk ke edit mode(TAB) kemudia CTRL+R pada kubus dan ketika ada garis ungu di tengah kubus klik kiri.
Selanjutnya kita tarik sudut yang terbuat sebelumnya keatas dengan Edge select dan tarik hingga kubus tersebut menyerupai atap.
Kemudian letakan diatas pendopo
Beri penutup dibagian depan pendopo agar terlihat lebih bagus, penutup dibuat sama seperti pembuatan dinding pendopo.
Selanjutnya pembuatan tangga pendopo. Buat 2 pinggiran tangga terlebih dahulu dengan cara memipihkan objek kubus dan letakan pada tempatnya seperti gambar ini.
Selanjutnya tambahkan beberapa anak tangga dengan cara menduplikat SHIFT+D pinggiran tangga tersebut lalu rotate sehingga menjadi anak tangga.
Kemudian buatlah pagar pembatas dengan cara membuat 1buah kubus lalu pipihkan, kemudian duplikat dan deretkan sehingga terbentuk sebuah pagar.
Berikut hasil dari Pendopo yang saya buat:
(Setelah diberikan material)





Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Tutorial Pembuatan Pendopo menggunakan Blender"