Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal usul nama French Fries - Kentang Goreng

Kentang Goreng atau yang biasa di sebut French Fries mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sobat wawasanku sekalian.


Hampir semua kalangan menyukai salah satu kuliner yang satu ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun, dengan berbagai macam cara memakan nya baik yang didampingi dengan saus sambal , mayonaise ataupun dimakan polos tanpa campuran apapun apalagi dimakan sambil bersantai nonton film ataupun main game dijamin mulut tidak bisa berhenti mengunyah kuliner yang satu ini.

Tapi apakah sobat wawasanku pernah terpikir kenapa kuliner ini disebut French Fries? ternyata ada asal usul nya lho, yuk kita coba ulas.


Dikutip dari National Geograpic , semua bermula di saat perang dunia ke 1 di Belgia. Disaat itu para tentara amerika banyak yang memakan kuliner ini dan mayoritas saat itu penduduk disana menggunakan bahasa perancis sehingga para tentara amerika menyebut kuliner ini French Fries.

Penduduk belgia pada saat itu sangat menyukai ikan goreng (BBC), yang dimana mereka biasanya mengambil ikan dari sungai Meuse. Akan tetapi pada saat itu keadaan sungai tersebut sedang membeku sehingga cukup sulit bagi mereka untuk menangkap ikan. Tetapi sebagai pengganti ikan tersebut mereka menggtinya dengan Kentang yang saat itu dipanen dengan sangat melimpah. Di Belgia sendiri kentang goreng biasa disebut Frites dan kuliner ini sangat mudah dijumpai diseluruh wilayah belgia.



Frites sendiri biasanya dimakan menggunakan tambahan saus , mayonaise , mustartd dan berbagai macam jenis saus lainnya. Salah satu yang membuat Frites ini istimewa adalah memiliki ukuran yang cukup tebal dan tekstur yang cukup renyah dan pula kualitas kentang yang digunakan saat dijaga dimana kentang haruslah segar, dan pun untuk potongan kentangnya pun dijaga tidak boleh melebihi dari 1 cm sehingga kualitas nya sempurna.


Pada tahun 1850-an salah satu buku masak Amerika Serikat menjadikan Frech Fries ini sebagai salah satu masakan andalan nya karena kuliner ini pernah disajikan pada jamuan makan malam di Gedung Putih pada 1802.

Jadi kurang lebih seperti itu sejarah kenapa kentang goreng yang biasa kita makan ini disebut French Fries, semoga artikel ini menambah wawasan kita semua ya.





Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Asal usul nama French Fries - Kentang Goreng "