Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Looping pada bahasa pemrograman

Looping

Untuk sobat wawasanku yang sudah berkecimpung di dunia pemrograman baik yang masih kuliah ataupun yang sudah bekerja mungkin sudah familiar dengan Looping.

Looping adalah metode yang digunakan pada bahasa pemrograman untuk menjalankan baris perintah yang dieksekusi berulang kali sesuai kondisi yang telah ditentukan. Dengan menggunakan Looping seorang programer dapat membuat code yang lebih efisien untuk mengeksekusi fungsi yang berulang tanpa harus menuliskan code nya berkali kali.

Sebagai contoh, apabila kita akan melakukan print/cetak angka 1 sampai dengan 100, dengan menggunakan Looping baris code yang dituliskan hanya terdiri dari 3 baris saja. Bayangkan apabila fungsi print/cetak tersebut harus dituliskan 100 kali maka dibutuhkan lebih dari 100 baris code untuk menghasilkan output yang sama.

Terdapat beberapa jenis looping yang dapat sobat wawasanku gunakan saat membuat sebuah code berulang, berikut diantaranya :

While Loop

While Loop adalah perulangan yang melakukan pengecekan condition terlebih dahulu baru menjalankan statements.

Pada Loop While perulangan akan dilakukan selama Condition yang telah di set memenuhi, apabila condition tidak memenuhi maka perulangan akan berhenti

contoh : 

int a = 0,
    b = 5
while(a>b){
    System.out.Println('Cetak');
    a +=1;
}

Do While Loop

Do While Loop adalah perulangan yang sama dengan perulangan While Loop, dimana statements akan dijalankan selama Condition terpenuhi, akan tetapi pada Do While Loop, Statements akan dijalankan terlebih dahulu sebanyak 1x kemudian pengecekan Condition akan dilakukan.

Contoh :
int a = 0,
    b = 5
do{
 System.out.Println('Cetak');
 a +=1;
}while(a>b);

For Loop

For Loop adalah salah satu perulangan dalam bahasa pemrograman yang dimana perulangan ini melakukan perulangan dengan counter yang jelas, sehingga statement dapat mengetahui counter loop yang sedang dijalankan saat ini.

Contoh : 
for(x=0;x<5;x++){
  System.out.Println('Cetak');
}


Sekarang sobat wawasanku sudah mengetahui beberapa metode looping di bahasa pemrograman. Oleh karena itu ada baiknya pada saat menulis baris program, sobat wawasanku dapat memanfaatkan metode looping ini untuk menambah efisiensi dan efektifitas baris progam yang sedang dibuat.


Ains Saling berbagi wawasan itu indah

1 comment for "Looping pada bahasa pemrograman"

  1. Both options are viable for players, and both have more advantages than disadvantages. When looking at 바카라사이트 at} every thing although, we now have to conclude that no download games are finest way|the method in which} for free-play players to go. Lisa Nower, a Rutgers University professor and director of its Center for Gambling Studies, mentioned sports activities betting contributes.

    ReplyDelete