Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Big Data Pengertian, Karakteristik, dan Fungsi nya

Perkembangan teknologi yang cukup pesat, pergereakan data ataupun informasi sudah pasti menjadi sangat cepat. Informasi dan data inipun merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk saat ini terutama untuk pengambilan keputusan sebuah perusahaan.

Big Data


Karena hal ini, sudah pasti pengumpulan data pun dibutuhkant, dari berbagai resource nah nantinya sekumpulan data yang telah dikumpulkan dari banyak resource ini yang bisa di sebut sebagai Big Data.

Jadi sebetulnya apa sih itu Big Data ?

Big Data adalah sekumpulan data yang memiliki volume atau ukuran yang sangat besar yang terdiri dari data yang terstruktur (strcuctured) , semi-terstruktur (semi structured), dan tidak terstruktur (unstructured) yang dapat berkembag seiring waktu berjalan.

sumber : Pengertian Big Data

Setelah kita mengetahui pengertian Big Data, mari kita coba bahas beberapa karakteristik dari Big Data itu sendiri yaitu 3V , antara lain 

Volume

Karakteristik Big Data pertama adalah Volume. Dimana, volume ini berartikan ukuran data yang mampu ditampung oleh program big data tersebut secara efektif dan efisien.

Velocity

Velocity salah satu karakteristik dari Big Data, velocity sendiri memiliki arti kecepatan dimana ini mengartikan bahwa kecepeatan pergerakan data di program Big Data cukup berkualitas bahkan dapat melakukan integrasi secara realtime

Variety

Variety memiliki arti variasi, maka dapat kita asumsikan Big Data ini memilki karakteristrik yang mampu menampung data yang sangat bervariasi dari berbagai source yang bervariasi pula.
Contoh nya datasource diambil lebih dari 1 jenis database baik NoSQL atau pun SQL ataupun soft seperti CSV dan sebagainya.
Selain itu varian data nya pun dapat terbagi menjadi dua, yaitu data tradisional yang lebih terstruktur, dibandingkan data teknologi terbaru contohnya audio, video, teks, dan berbagai data lainnya.

Value (Additional)

Value adalah karakteristik Big Data tambahan yaitu pengolahan data yang dilakukan harus menghasilkan sebuah informasi yang berkualitas yang berasal dari berbagai aliran data yang awalnya tidak teratur.

Veracity (Additional)

Veracity merupakan salah satu karakteristik tambah juga dari Big Data, yang berarti seluruh data yang dihasilkan memiliki kualitas.
Berbagai data yang telah diperoleh akan diproses dan diintegrasikan sehingga menjadi sebuah data yang berkualitas dan memiliki akurasi yang tinggi.

Setelah mengetahui definisi Big Data dan beberapa karakteristik nya diatas, sebetulnya fungsi Big Data itu sendri untuk apa?

Fungsi Big Data

  • Big data dapat berfungsi untuk memprediksi, menganalisis penyebab suatu masalah yang terjadi. Hal ini dapat meminimalisir adanya kegagalan yang terjadi setelahnya untuk preventive pada sistem yang berjalan. Hasil analisis ini dapat digunakan dan ditampilkan secara langsung (Real Time)

  • Big data dapat menjadi referensi untuk mengembangkan sebuah produk. Informasi yang didapatkan ataupun dibutuhkan akan disimpan ke dalam big data dan analisa dari hal tersebut dapat dijadian acuan penunjang keputusan untuk pengembangan bisnis kedepannya

  • Big data dapat mengurangi waktu dan biaya, karena dengan menggunakan big data biaya yang dibutuhkan untuk penyimpanan data akan berkurang , dan pergerakan data saat dibutuhkan pun akan menjadi lebih cepat


Ains Saling berbagi wawasan itu indah

3 comments for "Big Data Pengertian, Karakteristik, dan Fungsi nya"

  1. Apa bedanya data warehouse dan big data?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu nanyeaa? kamu nanyeaaa apa bedanya data warehouse dan big data? kamu nanyeaaa?

      Delete
    2. https://www.wawasanku.com/2022/11/big-data-pengertian-karakteristik-dan.html
      bisa baca disini ya kak untuk Big Data

      Delete